MACAM-MACAM AWAN & CIRI-CIRINYA

MACAM-MACAM AWAN & CIRI-CIRINYA

Awan adalah sekumpulan tetesan air/kristal es di dalam udara di atmosfer yang terjadi karena pengembunan/pemadatan uap air yang terdapat dalam udara setelah melampaui keadaan jenuh. Kondisi awan dapat berupa cair, gas, dan padat karena dipengaruhi oleh suhu.

Pada tahun 1894, Komisi Cuaca Internasional membagi bentuk awan menjadi 4 kelompok utama, yaitu awan tinggi, awan sedang, awan rendah, dan awan dengan perkembangan vertikal.

1. Kelompok Awan Tinggi
Pada kawasan tropis, awan ini terletak di ketinggian 6–18 km, pada kawasan iklim sedang, awan ini terletak di ketinggian 5–13 km, sedangkan pada kawasan kutub terletak pada 3–8 km.
Awan yang tergolong sebagai awan tinggi adalah :


a. Awan Sirus (Ci)
* Awan ini halus, dan berstruktur seperti serat dan bentuknya mirip bulu burung. Awan ini juga sering tersusun seperti pita yang melengkung di langit, sehingga seakan – akan tampak bertemu pada satu atau dua titik horizon.
* Awan ini tidak menimbulkan hujan.
* Awan ini terdiri daripada hablor air yang terjadi disebabkan suhu terlalu dingin pada atmosfer.
* Awan cirrus ini ditiupkan angin timuran yang bergelora. Awan ini berwarna putih dengan pinggiran tidak jelas.



b. Awan Sirostratus (Ci-St)
* Bentuknya seperti kelambu putih yang halus dan rata menutup seluruh langit sehingga tampak cerah, bisa juga terlihat seperti anyaman yang bentuknya tidak teratur.
* Awan ini juga menimbulkan hallo (lingkaran yang bulat) yang mengelilingi matahari dan bulan yang biasa terjadi pada musim kering.


c. Awan Sirokumulus (Ci-Cu)
* Awan ini bentuknya seperti terputus–putus dan penuh dengan kristal-kristal es sehingga bentuknya seperti sekelompok domba dan sering menimbulkan bayangan.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Nard1, Published at 05.14 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar